January 27, 2023

Vindemiagallery.com

Blog Media Info Terkini

Solusi Hemat Anak Baru Ngekost

Menjadi mahasiswa perantauan, membuat kita harus tinggal bersama kerabat keluarga atau ngekos sendiri. Bila kamu pilih kos sendiri, baru terasa susahnya mengatur pengeluaran secara mandiri. Wajar saja bila diawal awal masa kos kamu akan kesulitan mengatur keuanganmu agar tidak boros.

Semua itu harus belajar, nggak boros pun bisa dipelajari. Mau tahu caranya? Yuk, check it out!

Nyuci Baju di Kostan Sendiri

Meskipun di tempat kos tidak tersedia mesin cuci, tetapi masih ada ember untuk mencuci baju. Hanya memerlukan deterjen 1 bungkus dengan harga sekitar 17 ribu rupiah, tetapi bisa dipakai hingga 1 bulan dengan memanfaatkan air yang mengalir yang ada di kos, hal itu akan membuat lebih hemat pengeluaran.

Sedangkan kalau di laundry, hitungannya per kg rata-rata harganya sekitar 7 ribu rupiah, jika kamu menggunakan setiap minggu, dalam satu bulan saja sudah menghabiskan 28 ribu. Sayang sekalikan, padahal milih harga kuota smartfren aja yang murah.

Masak Sendiri di Kostan

Setelah nyuci, selanjutnya adalah masak sendiri di kostan. Di beberapa kostan biasanya memiliki dapur umum yang bisa digunakan para penghuninya. Jika ditempat kostanmu tersedia fasilitas dapur umum, nah lebih baik dimanfaatkan untuk kebutuhan panganmu daripada nganggur alias nggak terpakai. Masalah gas kompor kamu bisa iuran bersama teman satu kos. Kalau gak punya keterampilan masak, bisa melihat tutorialnya di google ataupun youtube.

Kurangi Nongkrong

Anak muda yang ngekos paling hobi memang masalah nongkrong. Tipe anak kos yang nongkrong terbagi menjadi 3, yaitu setiap hari nongkong, tiga hari sekali nongkrong, dan satu minggu sekali nongkrong. Tempat favorit tongkrongan anak muda pastinya adalah kafe.

Menceritakan segala sesuatu bersama teman saat nongkrong memang menyenangkan, tetapi ya jangan setiap saat harus nongkrong juga kali. Terkadang kalau udah nongkrong itu lupa waktu, akhirnya kerjaan ataupun tugas kuliah menjadi terabaikan, selain itu juga uangnya habis untuk beli kopi ataupun es teh.