May 13, 2021

Vindemiagallery.com

Blog Media Info Terkini

Ini 9 Wilayah di Sekitar Istana yang Masuk Ring 1 Viral Moge Ditendang Paspampres

Peristiwa pengendara motor yang ditendang oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) viral di kalangan masyarakat. Peristiwa ini terjadi di Jalan Veteran III, yang berada di belakang Istana Kepresidenan. Wilayah tersebut masuk dalam klasifikasi Ring 1 yang diamankan oleh Paspampres dan dibantu oleh Bagian Ketertiban dan Keamanan Dalam (Tibkamdal) Sekretariat Presiden dan Bagian Kendaraan dan Keamanan Dalam (BKKD).

Mengutip Peraturan Menteri Sekretariat Negara (Permensesneg) Nomor 14 tahun 2016, berikut sembilan wilayah atau obyek yang masuk klasifikasi Ring 1: 1. Halaman kompleks Istana Kepresidenan Jakarta 2. Istana Merdeka

3. Istana Negara 4. Gedung Kantor Presiden 5. Gedung Kantor Staf Presiden

6. Wisma Negara 7. Gedung Kantor Sekretariat Presiden 8. Istana Wakil Presiden

9. Gedung Kantor Sekretariat Wakil Presiden Mengutip Portal PPID TNI, Paspampres bertanggung jawab penuh atas keselamatan hidup Very Very Important Person (VVIP). VVIP yang dimaksud terdiri dari Presiden RI beserta keluarga, Wakil Presiden beserta keluarga, Mantan Presiden/Wakil Presiden.

Selain itu, tamu Negara setingkat kepala Negara atau kepala pemerintahan, beserta keluarga mereka, yang berkunjung ke Indonesia. Dalam melaksanakan sebuah operasi pengamanan, Paspampres berkoordinasi dengan unsur Polri dan TNI yang berwenang di lokasi yang dikunjungi oleh VVIP. Secara umum terdapat tiga lapis penjagaan dalam sebuah operasi pengamanan. Paspampres bertanggung jawab penuh terhadap pengamanan terdalam (Ring 1) atau yang berada paling dekat dengan VVIP.

Lapis penjagaan selanjutnya, sebut saja Ring 2 dan Ring 3, dilakukan oleh unsur Polri dan TNI yang berwenang. Berbagai usaha meminimalisir ancaman bermacam macam bentuknya, seperti pengintaian oleh penembak jarak jauh, pemasangan security dan X Ray door. Penjagaan ketat juga mencakup pengawal pribadi VVIP yang siap menjadi human shield atau tameng manusia demi keselamatan jiwa VVIP.